Makanan yang kurang Baik di Konsumsi saat Buka Puasa


Jika hendak buka puasa biasanya kita lapar mata ingin segalanya. Dari mulai es yang segar rasanya, ingin lalapan yang pedas, gorengan dsb pokoknya semuanya mau di makan, tapi ingat?

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak disantap saat buka puasa tiba, karena dikhawatirkan akan mengiritasi lambung. Lambung yang dalam kondisi kosong beberapa jam terakhir memang harus dijaga agar tak mengalami lonjakan kadar asam berlebih. Anda bisa mengalami mual, muntah, dan sakit perut jika asam lambung naik atau sering disebut gejala sakit maag.


Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak disantap saat buka puasa, seperti dilansir laman Liputan6:

1. Gorengan

Gorengan memang camilan yang banyak dikonsumsi saat buka puasa. Rasa gurih serta cara mengolah yang praktis bikin hidangan ini jadi pilihan yang pas. Padahal lemak dari minyak yang digunakan untuk menggoreng bukan hal yang sehat bagi tubuh. Pencernaan pun akan bekerja keras dalam mencerna gorengan, di saat perut sedang kosong.

2. Es

Air es dan segala yang berbau es sebenarnya tak dianjurkan untuk buka puasa. Ini disebabkan suhu tubuh saat puasa umumnya lebih hangat, sehingga konsumsi minuman hangat lebih dianjurkan agar sesuai dengan suhu tubuh dan pencernaan tidak kaget.

3. Asam dan pedas

Jenis makanan asam dan pedas bisa membuat lambung teriritasi, apalagi saat sedang kosong seperti waktu buka puasa.

4. Santan

Demikian pula makanan bersantan kental, karena mengandung lemak yang menyulitkan lambung dalam mencerna saat berbuka puasa.

5. Daging

Berbagai jenis daging mengandung serat yang tinggi. Proses pencernaannya butuh waktu lebih lama, padahal saat buka puasa tubuh butuh nutrisi untuk mengganti nutrisi yang hilang seharian.

Setelah mengonsumsi makanan ringan usai berbuka puasa dan pencernaan sudah kembali normal, maka tentu Anda boleh mengonsumsi semua hidangan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat perangkat USB bootable dengan mudah

Rufus adalah alat yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll. Rufu...